Waspada! Marak Penipuan Bermodus Undangan Pernikahan Melalui Pesan Whatsapp.

Posted by : Suwandi Chuang July 20, 2023

Pengguna Whatsapp harus waspada akan munculnya penipuan-penipuan yang dilakukan dengan berbagai modus. Terbaru, adanya modus penipuan surat digital undangan pernikahan yang disebarkan melalui pesan singkat melalui Whatsapp yang cukup meresahkan masyarakat pada beberapa waktu terakhir. Banyak masyarakat yang mengaku menerima undangan pernikahan secara digital melalui pesan singkat Whatsapp dari orang yang tidak dikenal. Penipuan ini sudah memakan korban karena penipuan ini adalah penipuan modus baru yang sangat berbahaya.

Dalam aksinya itu, pelaku penipuan menyematkan dokumen aplikasi APK format file aplikasi untuk ponsel Android dengan nama surat undangan digital pernikahan. Pelaku mengirimkan pesan singkat melalui Whatsapp dan jika diinstall, aplikasi tersebut akan mencuri informasi pribadi pengguna dan data perbankan korban.

Jika data pribadi dan data perbankan dijebol, maka uang yang ada di rekening bank kita bisa dikuras habis oleh penipu dengan cara membuka M-Banking korban lalu akan di transfer ke rekening lain. Agar terhindar dari modus penipuan berkedok undangan pernikahan, masyarakat diimbau untuk semakin cermat dan waspada, artinya tidak mudah membuka atau menginstall apapun yang dikirimkan oleh oleh orang yang tidak dikenal. Selain itu, masyarakat diharapkan meningkatkan literasi digital sehingga tidak mudah tertipu dengan berbagai jenis penipuan.

RELATED POSTS
FOLLOW US