Dinas KUKMPTK Belitung Laksanakan Pelatihan Vocational DAK Non fisik Angkatan ke-5

Posted by : Thing October 14, 2023

LintasBabel, Tanjungpandan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung semakin memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan acara Pelatihan Vocational DAK Non Fisik Angkatan ke-5 .

Pelatihan tersebut berlangsung dari Selasa (10/10/23) hingga jumat (13/10/23) di Gedung PLUT Tanjungpandan. Acara pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta UKM pemula dari 5 kecamatan di Kabupaten Belitung.

Kegiatan tersebut ditutup secara secara resmi oleh Kepala Bidang KUKM Budi Swasta yang mewakili Kepala Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung, H. Syamsudin.

Budi Swasta menjelaskan peserta pelatihan adalah mereka yang memiliki kesempatan langka untuk belajar dari narasumber UKM lokal yang sudah sukses di bidang masing-masing.

Kata Budi, salah satu narasumber UKM Basinglah-Yoyok, yang mengkhususkan diri dalam kerajinan pigura dari batok kelapa.

Selain itu, UKM Nurul Bepulin berbagi pengetahuannya tentang pengolahan kain ecoprint, sementara UKM Nurmi Jajak Umak memberikan keahliannya dalam membuat kue bolu jeruk kunci, brownies dan bolen pisang.

“Hari terakhir pelatihan fokus pada materi penting, seperti pemasaran, pembiayaan, dan produksi yang disampaikan oleh konsultan PLUT,” kata Budi Swasta.

Budi menambahkan, acara pelatihan ini merupakan langkah penting dalam membina dan mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Belitung.

Sebab, dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk mereka dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Selain itu, kehadiran narasumber dari UKM sukses memberikan inspirasi dan motivasi bagi peserta untuk meraih kesuksesan di dunia UKM,” terangnya.

Maka dari itu, Budi memberikan apresiasi kepada peserta dan narasumber yang tetap semangat dan berharap agar pelatihan semacam ini terus dilakukan untuk memajukan UMKM di Kabupaten Belitung.

“Dengan adanya dukungan dan pembelajaran seperti ini, UMKM di Kabupaten Belitung diharapkan akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah,” tandasnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US